Pengembangan pkn

  • Soal!
    1. Jelaskan apa yang anda ketahui tentang pendekatan multikultural dan implementasinya!
    2. Jelaskan secara khusus kajian tematik dalam pembelajaran PKN SD!
    3. Bagaimana pengembangan PKN dalam pendekatan CTL!
    4. Apakah penting portofolio dalam pembelajaran PKN SD?
    5. Berikan analisis mengenai pentingnya mengembangkan pembelajaran PKN SD!
    Jawaban :
    1. Pendekatan multikultural adalah pendekatan yang mempelajari atau membahas terkait
    masalah-masalah keadilan sosial, demokrasi, dan hak asasi manusia, tulus, toleran terhadap
    keanekaragaman budaya yang hidup di tengah-tengah masyarakat plural. Salah satu contoh
    implementasi pendekatan multikultural di dalam kelas adalah sebagai berikut:
    a. Dengan membuka proses pembelajaran dengan salah satu bahasa daerah dan menutup proses
    pembelajaran dengan bahasa daerah yang lainnya. Sehingga siswa mengetahui bahasa-bahasa
    dari daerah asal teman-temannya.
    b. Dengan membuat kelompok-kelompok kecil dengan mempertimbangkan
    kemajemukan/multikulturalis mulai dari agama, suku, Bahasa, gender maupun kemampuan.
    Jadi dalam satu kelompok terdiri dari siswa yang berbeda secara multikultural. Agar terjadi
    interaksi antar pribadi yang berlatar berbeda secara horizontal, ketika mereka telah
    berinteraksi diharapkan tumbuh sikap toleran, inklusif dan pluralis dalam diri siswa.
    c. Sudah menjadi tradisi di sekolah mayoritas siswanya adalah beragama tertentu karena
    kuantitasnya banyak, yang menjadi ketua kelas adalah agama mayoritas tadi. Ketua kelas
    bertugas menyiapkan di awal masuk dan pulang sekilah. Namun tradisi itu pada kondisi
    tertentu bisa diubah oleh guru. Maksudnya bisa saja guru mengintruksikan kepada siswa yang
    beragama minoritas untuk menyiapkan memimpin doa di kelas. Dengan metode sederhana
    seperti di atas diharapkan akan terbangun karakter inklusif, toleran dan plural dalam diri
    siswa dan guru. Dari pendekatan ini melahirkan sikap hidup yang senantiasa menerima
    perbedaan dalam kehidupan.
    2. Pembelajaran tematik adalah suatu pendekatan dalam pembelajaran suatu proses untuk
    mengaitkan dan memadukan materi ajar dalam suatu mata pelajaran atau antara mata
    pelajaran dengan semua aspek perkembangan anak, serta kebutuhan dan tuntutan lingkungan
    sosial keluarga.
    Implementasi pembelajaran tematik di sekolah dasar dalam pembelajaran PKN SD adalah
    sebagai berikut:
    a. Rancangan pembelajaran, dalam tahap ini guru PKN menyiapkan media pembelajaran media
    pembelajaran tematik yang berupa gambar-gambar yang berhubungan dengan tema yang
  • akan diajarkan kepada siswa. Dengan demikian, guru hanya tinggal menentukan tema
    penghubung antar mata pelajaran berdasar kesamaan indicator pencapaian dari masing-
    masing kompetensi dasar. Setelah itu guru membuat RPP pembelajaran tematik.
    b. Pelaksanaan pembelajaran guru harus lebih kreatif dalam mengelola pembelajaran. Hal ini
    dikarenakan pengalaman guru sangat penting dalam pengelolahan pembelajaran. Selain itu
    media yang dipakai juga harus bervariasi sehingga dapat mengelola proses pembelajaran
    dengan baik.
    3. Hal yang perlu diperhatikan guru mengenai kepribadian siswa secara individu dalam proses
    pembelajaran PKN. Khususnya pada materi nilai-nilai juang dalam proses perumusan
    Pancasila sebagai dasar negara, guru harus mengubah cara pandangnya dalam pembelajaran
    PKN yang meliputi :
    a. Peran guru dalam pengelolaan kelas
    b. Pemahaman perkembangan karakteristik siswa
    c. Peran siswa dalam proses pembelajaran
    d. Pemilihan alat peraga atau media dan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang
    dipelajari siswa
    e. Guru dituntut untuk lebih kreatif dalam mendesain pembelajaran
    Sebelum dan dalam proses pelaksanaan pembelajaran guru perlu menanamkan disiplin, dan
    bekerja sama pada diri siswa seperti mengadakan apersepsi dan lain diharapkan lebih
    memperdalam dan memperluas kajian pada pembelajaran PKN sesuai dengan pendekatan
    CTL khususnya di SD.
    4. Penting, karena portofolio dalam pembelajaran PKN berisi kumpulan informasi yang
    tersusun dengan baik yang menggambarkan rencana siswa berkenaan dengan suatu isu
    kebijakan publik yang telah diputuskan untuk dikaji mereka, baik dalam kelompok kecil
    maupun kelas secara keseluruhan. Model pembelajaran PKN berbasis portofolio
    memperkenalkan kepada para siswa dan mendidik mereka dengan beberapa metode dan
    langkah yang digunakan dalam proses politik. Pembelajaran ini bertujuan untuk membina
    komitmen aktif para siswa terhadap kewarganegaraannya dan pemerintahannya dengan cara :
    Membekali pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk
    berpartisipasi secara efekti
    Membekali pengalaman praktis yang dirancang untuk
    mengembangkan kompetensi dan efektifitas partisipasi
    Mengembangkan pemahaman akan pentingnya partisipasi warga
    negara.
    5. Materi pembelajaran perlu dikembangkan lebih lanjut oleh guru. Karena:
    . Pendidikan kewarganegaraan mengajarkan siswa untuk mampu
    memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban secara sopan santun,
    jujur, dan demokratis serta ihklas sebagai warga negara terdidik dalam
  • kehidupannya selaku warganegara Republik Indonesia yang bertanggung
    jawab bersama. Ini merupakan hal yang mendasar dalam pelajaran
    pendidikan kewarganegaraan. Tanggung jawab sangat penting dalam
    proses ini.
    Dalam pembelajaran ini dibahas lagi tentang bagaimana kita warga
    negara untuk ikut dalam berpolitik. Karena akan kepedulian terhadap
    politik kita bangsa Indonesia. Tanpa kekacauan merupakan hal terpenting
    dalam menjaring hubungan yang baik antara warga dan pemerintah.
    Memberikan pengajaran kepada siswa untuk saling memahami sesama
    warga neraga. Saling tenggang rasa, toleransi dan saling menghormati satu
    sama lainnya.
    Memberikan pengetahuan kepada para siswa dan pelajar mengenai
    sistem pemerintahan dan tentang peraturan negara yang berlaku baik yang
    tertulis maupun yang tidak tertulis. Juga untuk membuka kesadaran kita
    akan pentingnya bela dan cinta tanah air. Karena kita hidup disini dan
    secara bersama

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerapan model ASSURE dalam RPP tematik

Pendidikan