Pengembangan pkn
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
- Soal!1. Jelaskan apa yang anda ketahui tentang pendekatan multikultural dan implementasinya!2. Jelaskan secara khusus kajian tematik dalam pembelajaran PKN SD!3. Bagaimana pengembangan PKN dalam pendekatan CTL!4. Apakah penting portofolio dalam pembelajaran PKN SD?5. Berikan analisis mengenai pentingnya mengembangkan pembelajaran PKN SD!Jawaban :1. Pendekatan multikultural adalah pendekatan yang mempelajari atau membahas terkaitmasalah-masalah keadilan sosial, demokrasi, dan hak asasi manusia, tulus, toleran terhadapkeanekaragaman budaya yang hidup di tengah-tengah masyarakat plural. Salah satu contohimplementasi pendekatan multikultural di dalam kelas adalah sebagai berikut:a. Dengan membuka proses pembelajaran dengan salah satu bahasa daerah dan menutup prosespembelajaran dengan bahasa daerah yang lainnya. Sehingga siswa mengetahui bahasa-bahasadari daerah asal teman-temannya.b. Dengan membuat kelompok-kelompok kecil dengan mempertimbangkankemajemukan/multikulturalis mulai dari agama, suku, Bahasa, gender maupun kemampuan.Jadi dalam satu kelompok terdiri dari siswa yang berbeda secara multikultural. Agar terjadiinteraksi antar pribadi yang berlatar berbeda secara horizontal, ketika mereka telahberinteraksi diharapkan tumbuh sikap toleran, inklusif dan pluralis dalam diri siswa.c. Sudah menjadi tradisi di sekolah mayoritas siswanya adalah beragama tertentu karenakuantitasnya banyak, yang menjadi ketua kelas adalah agama mayoritas tadi. Ketua kelasbertugas menyiapkan di awal masuk dan pulang sekilah. Namun tradisi itu pada kondisitertentu bisa diubah oleh guru. Maksudnya bisa saja guru mengintruksikan kepada siswa yangberagama minoritas untuk menyiapkan memimpin doa di kelas. Dengan metode sederhanaseperti di atas diharapkan akan terbangun karakter inklusif, toleran dan plural dalam dirisiswa dan guru. Dari pendekatan ini melahirkan sikap hidup yang senantiasa menerimaperbedaan dalam kehidupan.2. Pembelajaran tematik adalah suatu pendekatan dalam pembelajaran suatu proses untukmengaitkan dan memadukan materi ajar dalam suatu mata pelajaran atau antara matapelajaran dengan semua aspek perkembangan anak, serta kebutuhan dan tuntutan lingkungansosial keluarga.Implementasi pembelajaran tematik di sekolah dasar dalam pembelajaran PKN SD adalahsebagai berikut:a. Rancangan pembelajaran, dalam tahap ini guru PKN menyiapkan media pembelajaran mediapembelajaran tematik yang berupa gambar-gambar yang berhubungan dengan tema yang
- akan diajarkan kepada siswa. Dengan demikian, guru hanya tinggal menentukan temapenghubung antar mata pelajaran berdasar kesamaan indicator pencapaian dari masing-masing kompetensi dasar. Setelah itu guru membuat RPP pembelajaran tematik.b. Pelaksanaan pembelajaran guru harus lebih kreatif dalam mengelola pembelajaran. Hal inidikarenakan pengalaman guru sangat penting dalam pengelolahan pembelajaran. Selain itumedia yang dipakai juga harus bervariasi sehingga dapat mengelola proses pembelajarandengan baik.3. Hal yang perlu diperhatikan guru mengenai kepribadian siswa secara individu dalam prosespembelajaran PKN. Khususnya pada materi nilai-nilai juang dalam proses perumusanPancasila sebagai dasar negara, guru harus mengubah cara pandangnya dalam pembelajaranPKN yang meliputi :a. Peran guru dalam pengelolaan kelasb. Pemahaman perkembangan karakteristik siswac. Peran siswa dalam proses pembelajarand. Pemilihan alat peraga atau media dan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yangdipelajari siswae. Guru dituntut untuk lebih kreatif dalam mendesain pembelajaranSebelum dan dalam proses pelaksanaan pembelajaran guru perlu menanamkan disiplin, danbekerja sama pada diri siswa seperti mengadakan apersepsi dan lain diharapkan lebihmemperdalam dan memperluas kajian pada pembelajaran PKN sesuai dengan pendekatanCTL khususnya di SD.4. Penting, karena portofolio dalam pembelajaran PKN berisi kumpulan informasi yangtersusun dengan baik yang menggambarkan rencana siswa berkenaan dengan suatu isukebijakan publik yang telah diputuskan untuk dikaji mereka, baik dalam kelompok kecilmaupun kelas secara keseluruhan. Model pembelajaran PKN berbasis portofoliomemperkenalkan kepada para siswa dan mendidik mereka dengan beberapa metode danlangkah yang digunakan dalam proses politik. Pembelajaran ini bertujuan untuk membinakomitmen aktif para siswa terhadap kewarganegaraannya dan pemerintahannya dengan cara : Membekali pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untukberpartisipasi secara efekti Membekali pengalaman praktis yang dirancang untukmengembangkan kompetensi dan efektifitas partisipasi Mengembangkan pemahaman akan pentingnya partisipasi warganegara.5. Materi pembelajaran perlu dikembangkan lebih lanjut oleh guru. Karena: . Pendidikan kewarganegaraan mengajarkan siswa untuk mampumemahami dan melaksanakan hak dan kewajiban secara sopan santun,jujur, dan demokratis serta ihklas sebagai warga negara terdidik dalam
- kehidupannya selaku warganegara Republik Indonesia yang bertanggungjawab bersama. Ini merupakan hal yang mendasar dalam pelajaranpendidikan kewarganegaraan. Tanggung jawab sangat penting dalamproses ini. Dalam pembelajaran ini dibahas lagi tentang bagaimana kita warganegara untuk ikut dalam berpolitik. Karena akan kepedulian terhadappolitik kita bangsa Indonesia. Tanpa kekacauan merupakan hal terpentingdalam menjaring hubungan yang baik antara warga dan pemerintah. Memberikan pengajaran kepada siswa untuk saling memahami sesamawarga neraga. Saling tenggang rasa, toleransi dan saling menghormati satusama lainnya. Memberikan pengetahuan kepada para siswa dan pelajar mengenaisistem pemerintahan dan tentang peraturan negara yang berlaku baik yangtertulis maupun yang tidak tertulis. Juga untuk membuka kesadaran kitaakan pentingnya bela dan cinta tanah air. Karena kita hidup disini dansecara bersama
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar